Perluas Startup di Ekosistem Digital Saat ini | Mengenal HUB.ID Lebih Dekat

03 September 2023

Perluas Startup di Ekosistem Digital Saat ini | Mengenal HUB.ID Lebih Dekat

Article Detail Banner

Perluas Startup di Ekosistem Digital Saat ini | Mengenal HUB.ID Lebih Dekat

Pengertian Hub ID

HUB.ID adalah sebuah platform yang ditujukan para pelaku bisnis khusus dibidang teknologi digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dengan lebih memfokuskan untuk mengembangkan startup digital  lokal secara regional.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johny G.Plate mengatakan, HUB.ID merupakan program business matchmaking yang berfungsi sebagai wadah interaksi para startup digital dan mitra bisnis untuk meningkatkan performa startup dengan tujuan yang sama.

“HUB.ID dirancang sebagai program business matchmaking yang mempertemukan startup digital dengan pihak yang memiliki kebutuhan inovasi dan strategi bisnis yang sama. Saya mengharapkan agar startup digital mendapatkan komitmen investasi yang akan membantu peningkatan kemampuan startup digital dalam memperluas layanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika menjelaskan HUB.ID dimaksudkan sebagai sebuah program realisasi dari pemerintah untuk mewadahi dan membina para startup digital Indonesia.

“Kementerian komunikasi dan informatika berperan tidak hanya sebagai regulator, tetapi juga fasilitator yang menyiapkan masyarakat yang siap untuk hidup di era ekonomi digital dengan berbagai program. Salah satunya melalui HUB.ID, program pembinaan startup yang berkesinambungan komprehensif” Ujarnya.

Hal ini menjadi upaya pemerintah untuk mempercepat industri startup dengan memperluas jaringan bisnis bersama berbagai sektor lainnya.

 

Jumlah Startup Terdaftar

Sudah ada lebih dari 40 jejaring kerjasama yang telah terbentuk baik dari korporat, pemerintah, perusahaan, dan lain-lain. Beberapa diantaranya yaitu Gojek, JNE Express, Pos Indonesia, Garuda Indonesia, BNI, Bank BRI dan sebagainya.

Pendaftaran Program HUB.ID Tahun 2022 telah resmi dibuka pada 11 juni 2022 hingga 10 Juli 2022 melalui laman  https://hub.id

 

Fokus Hub ID

Terdapat 6 sektor yang menjadi fokus HUB.ID ACCELERATOR 2022 yaitu Enterprise & government tech, Agritech, Social commerce & SME Enabler, Web 3.0, dan Healthtech. Namun tidak menutup kemungkinan bagi startup sektor lainnya untuk ikut andil di industri digital ini.

Startup yang tergabung dan lulus kurasi bersama HUB.ID akan diberikan sesi mentoring dari para pelaku industri digital yang berpengalaman selain itu memberi kesempatan bagi startup untuk menggali peluang baru kepada investor global dan mitra bisnis.

Lengkapnya terdapat enam kegiatan yang akan dilakukan pada HUB.ID ACCELERATOR 2022, diantaranya Business Mentoring, Business matchmaking, networking session, pitch training, pitch demoday, dan terakhir Global Immersion.

Hingga saat ini sudah lebih dari 100 startup digital yang telah tergabung bersama HUB.ID

Ryan Manafe selaku CEO dan Co-Founder Dagangan yang merupakan alumni dari HUB.ID Tahun 2021 mengatakan Dagangan menjadi salah satu startup yang merasakan keuntungan dan manfaat dengan mengikuti rangkaian program dan jejaring dari HUB.ID.

“Melalui jejaring dan program-program yang diberikan, HUB.ID tidak hanya memfasilitasi Dagangan untuk terus tumbuh, namun juga mengakselerasi dan memperbesar dampak positif yang dapat Dagangan berikan bagi masyarakat Indonesia”.

 

Manfaat Hub ID

Dengan adanya HUB.ID menjadi program inkubasi startup diharapkan para startup lokal menjadi peluang besar dalam mendorong kemajuan ekosistem digital serta meningkatkkan perekenomian digital Indonesia. “Kami juga ingin mendorong pembangunan ekosistem digital di daerah, kami juga ingin mendorong talenta terbaik yang tumbuh dalam program kerja startup digital ini. Juga yang berikutnya adalah permodalan, sumber daya yang lainnya, juga akses kepada calon investor” ujar I Nyoman Adhiyarna selaku Direktur Ekonomi Digital.

 

Share to