Mengulik Rangkaian Program HUB.ID Accelerator 2022

03 September 2023

Program HUB.ID Accelerator

Article Detail Banner

Rangkaian Program HUB.ID Accelerator 2022

Pada Program HUB.ID Accelerator 2022 nanti akan ada 6 kegiatan yang akan dilakukan diantaranya Business Mentoring, Business Matchmaking, Networking Session, Pitch Training, Demo Day, Global Immersion.

Direktur Ekonomi Digital, I Nyoman Adhiarna mengatakan Startup yang telah bergabung dan lulus kurasi di HUB.ID ACCELERATOR 2022, program akan dilaksanakan dimulai pada bulan Juli hingga Oktober 2022 mendatang. “Kami berharap startup digital dan mitra bisnis yang tergabung dan bekerja sama di dalam program yang dilaksanakan selama 5 bulan kedepan ini.” Ujar I Nyoman Adhiarna dalam acara Press Conference HUB.ID Accelerator 2022 di Jakarta (13/6/2022).

  1. Business Mentoring

Ini merupakan sebuah rangkaian diskusi serta berbagi pengalaman kepada startup lokal dari para pelaku digital yang sudah lebih dulu sukses di Ekosistem Digital Indonesia.

“Sesi mentoring akan disederhanakan, dengan fokus pada kualitas daripada kuantitas. Kami akan menyediakan beberapa jenis mentor untuk memenuhi kebutuhan startup.” Kata Luat Sihombing dalam acara Press Conference HUB.ID Accelerator 2022 di Jakarta (13/6/2022).Startup nantinya akan mendapatkan 2 mentor dari masing-masing sektor. “tim mentoring ini sudah banyak kita lihat dan dengar di berbagai portofolio dan industri digital dan kita harapkan kesukesan mereka bisa dibagikan kepada para startup yang nanti bergabung” ujar Luat Sihombing selaku Ketua Tim Fasilitasi Business Matchmaking Startup Digital.

  1. Business Matchmaking

Aktivitas unggulan dari HUB.ID untuk mendorong sinergi, kolaborasi, kerjasama bisnis melalui pertemuan 1-on-1  startup dengan berbagai pihak dari pemerintah, BUMN, dan korporasi.

“Skemanya yakni diawali dengan ajang pertemuan bisnis secara luring (offline) di Jakarta untuk tiap sektor. Dalam acara tersebut setiap startup digital akan mempresentasikan bisnisnya secara privat atau 1 on 1 dengan masing masing mitra bisnis yang dimiliki HUB.ID” jelas Luat Sihombing.Pelaksanaan sesi ini dilakukan selama 2 minggu dengan 5 matchmaking sessions secara bergantian.

  1. Networking Session

Peran pemerintah daerah dalam transformasi digital di daerah sangatlah penting, maka startup digital untuk membantu pemerintah daerah dalam mencapai insiatif inisiatif digitalisasi di daerah.

Sehingga melalui networking sessions, HUB.ID menghubungkan startup dengan pemerintah daerah untuk saling berkolaborasi melalui industri digital.

“ kita membawa teman teman startup untuk bertemu pemerintah daerah untuk menggali potensi kolaborasi dengan pemerintah daerah di enam kota pilihan” kata Luat Sihombing.

  1. Pitch Training

Dimana para startup mempelajari cara menjual ide dan perusahaan anda didepan investor dan juri dengan cara yang mengesankan.

Para startup digital akan dimentori oleh mentor pitching dari salah satu yang terbaik di tingkat global, Peter Browne.

“Para startup membutuhkan senjata yang cukup ampuh saat bertemu mitra bisnis, yaitu dengan meningkatkan kemampuan presentasi yang terampil dimana pada saat 5 menit saat melakukan pitching kepada calon mitra bisnis dan investor” ujar Luat Sihombing.

  1. Demo Day

Demo day merupakan puncak pertemuan antara startup digital dengan para investor terpilih. Nantinya startup digital akan presentasi secara bergantian dan juga dapat memamerkan produk dan bisnis pada booth yang disiapkan HUB.ID

“ini adalah kesempatan emas bagi startup untuk mendapatkan investor sesuai dengan lini bisnis mereka sesuai dengan inovasi mereka.” Kata Luat Sihombing.

  1. Global Immersion

Di akhir nanti, HUB.ID akan memboyong 5 startup digital terbaik untuk menggali potensi kerjasama dan investasi dengan langsung bertemu para pelaku bisnis digital di Amerika Serikat. Salah satunya menghadiri “Techcrunch Disrupt 2022” di San Fransisco pada Oktober 2022 mendatang.

 “kami akan membawa 5 startup digital terbaik untuk bisa bertemu dengan para perusahaan teknologi di amerika serikat dan kami harapkan ini menjadi semangat yang baru untuk mereka mencari partnership dan kolaborasi dengan perusahaan teknologi di luar dan bisa mencari pembelajaran yang lebih baik lagi untuk dibawa ketika eksekusi bisnis di Indonesia”

Luat Sihombing pun menjelaskan melalui HUB.ID diharapkan ini menjadi semangat untuk mereka dapat berkolaborasi dengan perusahaan teknologi diluar dan memajukan bisnis industri digital di Indonesia.

Article Tag

Share to