Startup adalah perusahaan yang (relatif) baru berdiri, yang masih mencari model bisnis, dan belum (atau masih berusaha) menemukan target konsumen, produk dan cara menjualnya.

Seiring waktu memang terjadi penyempitan makna, dimana 'startup' selalu dikaitkan dengan teknologi dan/atau Internet. Tetapi mengacu kepada 'startup' sebagai sebuah fase perusahaan, yang disebut startup memiliki ciri sbb:

  • Beroperasi (umur) kurang dari tiga tahun
  • Memiliki kurang dari 20 karyawan
  • Memiliki pendapatan kurang dari $100.000 pertahun

Penanam uang atau modal; orang yang menanamkan uangnya dalam sebuah usaha (dalam konteks ini ‘startup’) dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Perusahaan pemodalan yang mendapatkan modalnya melalui penyertaan modal dari 1 atau lebih orang dalam jangka waktu tertentu. VC adalah salah satu investor yang paling banyak masuk ke industri startup, dimana risiko investasi ditanggung bersama-sama sehingga cocok dengan sifat perusahaan-perusahaan startup yang tergolong dalam investasi berrisiko tinggi.

Walaupun tidak ada aturan baku, maupun ketetapan bahwa semua tahap harus dilalui, umumnya dapat dibagi sbb:

  • Seed round. Tahapan sangat awal dari startup, dimana terkadang produk dari startup masih berada dalam tahap prototype. Umumnya yang banyak melakukan investasi di tahap ini adalah angel investors.
  • Early Stage round. Tahapan dimana startup sudah mulai berjalan, walaupun mungkin belum dengan implementasi model bisnis yang maksimal, dan umumnya investasi dipakai untuk peningkatan kapabilitas penyediaan produk dan penjualan.
  • Series A. Tahapan dimana startup sudah beroperasi dan umumnya sudah mulai menemukan mode bisnis yang jelas dengan revenue yang cenderung stabil atau meningkat. Startup juga umumnya sudah mendapat traction dan investasi dipakai untuk mengakselerasi pertumbuhan.
  • Series B, C dan D. Tahapan selanjutnya dari Series A dengan valuasi perusahaan yang telah meningkat.
  • Initial Public Offering atau IPO. Saat startup menjadi perusahaan go public dan sahamnya diperdagangkan ke khalayak umum. Biasanya ini menjadi final goal bagi founder startup dimana revenue perusahaan, dan para pemilik sahamnya, dapat meningkat secara eksponensial.

HUBid terbuka untuk pihak mana pun yang berkecimpung di dunia digital, khususnya startup, dengan kapasitas kerjasama yang sangat bervariasi. Kami mengajak startup, investor dan VCs, entrepreneur, komunitas, penyedia layanan Internet dan Telco, maupun pelaku industri lainnya untuk bergabung dan berperan serta dalam program-program HUBid untuk mengembangkan dunia startup Indonesia.

Didukung oleh